Titan Okeanos

Minggu, 08 Februari 2015
Okeanos / Oceanus (Laut)
http://www.greek-mythology-pantheon.com

Oceanos (bahasa Yunani: Ὠκεανός, "samudra")adalah Titan penguasa samudra. Dia adalah putra sulung Uranus dan Gaia. Samudra Ocenaos dikatakan mengalir dalam aliran yang mengelilingi bumi, yang saat itu dipercaya berbentuk datar.

Oceanos menikahi saudarinya, Tethis. Semua putra mereka menjadi dewa sungai.
Oceanos dan Tethis juga memiliki tiga ribu orang anak perempuan yang disebut para Oceanids. Salah satu Oceanids yang terkenal adalah Klimene atau Asia. Anak-anak Oceanos yang lainnya adalah semua sungai, air mancur, dan danau yang ada di dunia.

Oceanos adalah satu-satunya Titan pria putra Uranus yang memihak kelompok Zeus dalam perang Titanomakhia. Selama perang itu, Hera dijaga oleh Oceanos dan istrinya.
Menurut Homeros dan Apollonios dari Rhodos, Oceanos lebih tua daripada para Titan.

Menurut Homeros, para dewa lahir dari Oceanos, yang merupakan samudra purba. Dia adalah yang tertua di antara semua dewa, dan merupakan ayah para dewa. Sementara menurut Apollonios dalam karyanya Argonautika, Eurinome sang dewi pencipta terlahir dari Oceanos.

Beberapa sejarawan percaya bahwa Oceanus pada awalnya melambangkan semua lautan, termasuk Laut Mediterania dan Samudra Atlantik, yaitu dua lautan terbesar yang dikenal oleh orang Yunani kuno. Namun seiring ilmu geografi yang semakin akurat, Oceanos diketahui melambangkan suatu daerah lautan yang asing dan tak dikenal di Samudra Atlantik. Sementara Laut Mediterania dipercaya dikuasai oleh Poseidon.

sumber : http://aulianurhalimah.blogspot.com
             : id.wikibooks.org/wiki/Mitologi_Yunani/Titan/Okeanos  

0 komentar:

Posting Komentar